RSS

Pengolahan sirup salak

17 May

by : Rudiansyah…

BAB 1
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Saat ini kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan memang berkembang pesat, hal ini pun memacu para ahli pangan dan pertanian meneliti berbagai kemungkinan adanya penemuan berbagai makanan dan minuman yang belum dimanfaatkan. Minuman kesehatan dan sirup adalah contoh dari hasil perkembangan teknologi pangan. Minuman kesehatan dan sirup diproduksi oleh industri besar ataupun home industry. Minuman sirup dari industri kecil memiliki harga yang murah tetapi kualitas rasa dan buahnya lebih rendah dibandingkan industri besar.
Buah Salak termasuk dalam keluarga tanaman palm, dengan karakteristik memiliki duri pada buah dan dahannya.. Di Indonesia Tanaman salak saat ini sudah berkembang luas, dan banyak dijumpai jenis salak yang spesifik dikaitkan dengan nama daerah tempat asal pembudidayaan seperti Salak Condet, Salak Bali, Salak Banjar, dan sebagainya. Laporan PKT ini hanya menyajikan 3 jenis saja, yaitu : Salak Pondoh, Salak Manonjaya dan Salak Gula Pasir dengan keistimewaan masing-masing. Buah Salak (Salacca Edulis) merupakan salah satu buah tropis yang banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa. Buah salak memang bermanfaat bagi kesehatan salah satu manfaat buah salak bagi kesehatan adalah untuk kesehatan mata, menurut dr. Hendrawan Nadesul, perawatan mata seyogyianya sudah dimulai sejak kecil. Bahkan sejak masih dalam kandungan. Bagaimana ibu sewaktu hamil mencegah infeksi toxoplasmosis agar bayi yang dikandung tidak cacat pertumbuhan retina bola matanya. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun diolah sebagai manisan dan sirup. Daging buah ini mengandung kalsium, tanin, saponin, dan flavonoida. (http://khasiatbuah.com/buah-salak.htm). Vitamin yang digunakan memelihara dan menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. saat kita sekolah guru-guru kita selalu menganjurkan banyak makan wortel untuk memenuhi kebutuhan vitamin A. Sedangkan dr. Pericone menganjurkan untuk menghindari wortel dalam diet untuk bebas kerut karena menurut dia banyaknya makanan yang tinggi kandungan vitamin A (seperti karoten) dapat menimbulkan respon peradangan sebagai akibat kandungan gula yang tinggi. Nach bagi yang berkacamata saat sedang berusaha mengurangi kerut alias usaha awet muda ya sebaiknya mengganti wortel dengan jus salak.
Buah salak mempunyai potensi yang cukup baik untuk dikembangkan menjadi minuman kesehatan dan sirup. Buah salak memiliki rasa yang enak dan nutrisi yang dapat mencegah berbagai penyakit. Sehingga sangat menguntungkan untuk dikonsumsi berbagai pihak. Buah salak juga berkhasiat untuk mengobati diare, dan mengandung cukup dengan pelbagai zat vitamin dan mineral. Buah salak juga mengandungi zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 (mengawal kepanasan badan); vitamin B2 (menambah selera); vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat). (www.indosiar.com, 2004 dan http://www.wikipedia.com, 2007)
Selain hanya dimakan biasa, dengan adanya teknologi tepat guna dan kandungan air yng mencapai 60% pada buahnya, buah tersebut sangat dimungkinkan untuk dijadikan minuman, di khususkan untuk menjadi sirup untuk meningkatkan kesehatan yang rasanya tidak kalah dengan sirup-sirup rasa buah yang biasa dipasarkan. Tentu saja membuat peluang bisnis ini sangat menggiurkan dan apabila terus menerus dikembangkan dapat menerobos dunia perdagangan karena sirup ini tak hanya memanjakan lidah tapi juga meningkatkan kesehatan peminumnya. (www.indosiar.com)

B. TUJUAN PROGRAM
1. Tujuan umum
kegiatan PKM Kewirausahaan ini adalah menghasilkan studi kelayakan usaha minuman kesehatan dan sirup dari ekstrak buah salak yang berkhasiat banyak untuk kesehatan. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah ingin memberitahukan kepada masyarakat hal – hal apa saja yang menjadi ruang lingkup dari pembuatan sirup salak untuk menambah pengetahuan bagi masyarakat agar lebih luas wawasannya mengenai minuman kesehatan, memberitahukan jumlah manfaat secara ekonomi, juga tidak lupa untuk menambah nilai mahasiswa, dan lain – lain yang bisa berdampak positif bagi penulis dan para pembaca

2. Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus dari makalah ini adalah:
a. Memproduksi minuman kesehatan dan sirup dari buah salak dengan metode teknologi tepat guna.
b. Mengetahui kelayakan usaha minuman kesehatan dan sirup buah salak.
c. Mengetahui prospek secara ekonomi dari usaha ini
d. Mengetahui kasiat dan kandungan nutrien dalam produk yang dihasil

3. Strategi
Membuat minuman kesehatan dan sirup dari buah salak dengan metode teknologi tepat guna

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A. Pembuatan sirup
Buah-buahan merupakan bahan pangan sumber vitamin. Warna buah cepat sekali berubah oleh pengaruh fisika misalnya sinar matahari dan pemotongan, serta pengaruh biologis (jamur) sehingga mudah menjadi busuk. Oleh karena itu pengolahan buah untuk memperpanjang masa simpannya sangat penting. Buah dapat diolah menjadi berbagai bentuk minuman seperti salak, sari buah dan sirup juga makanan lain seperti manisan, dll. Sari buah adalah cairan yang dihasilkan dari pemerasan atau penghancuran buah segar yang telah masak.
Pada prinsipnya dikenal 2 (dua) macam sari buah, yaitu
 Sari buah encer (dapat langsung diminum), yaitu cairan buah yang diperoleh
dari pengepresan daging buah,dilanjutkan dengan penambahan air dan gula pasir.
 Sari buah pekat (Sirup), yaitu cairan yang dihasilkan dari pengepresan daging
buah dan dilanjutkan dengan proses pemekatan, baik dengan cara pendidihan
biasa maupun dengan cara lain seperti penguapan dengan hampa udara, dan lain-lain.
Sirup ini tidak dapat langsung diminum, tetapi harus diencerkan dulu dengan air (1 bagian sirup dengan 5 bagian air).
Sari buah merupakan cairan jernih atau agak jernih, tidak difermentasi, diperoleh
dari pengepresan buah-buahan yang telah matang dan masih segar. Pembuatan sari buah
terutama ditujukan untuk meningkatkan ketahanan simpan serta daya guna buah-buahan. Pada dasarnya sari buah dibuat dengan cara penghancuran daging buah dan kemudian
ditekan.Gula ditambahkan untuk mendapatkan rasa manis.
Untuk memperpanjang daya simpan, ditambahkan bahan pengawet.Selanjutnya cairan
disaring, dibotolkan, kemudian di pasteurisasi agar tahan lama.
Pemurnian sari buah bertujuan untuk menghilangkan sisa serat-serat dari buah
dengan cara penyaringan, pengendapan atau sentrifugasi dengan kecepatan tinggi
yang dapat memisahkan sari buah dari serat-serat berdasarkan perbedaan kerapatannya.
Sari buah yang tidak dimurnikan akan berakibat terjadinya pengendapan di dasar botol.
Hal tersebut tidak diinginkan karena akan menurunkan penerimaan konsumen (Muchtadi,1977).

Gambar. Alur Proses Pembuatan Sirup dan Sari Buah

http://epetani.deptan.go.id/blog/pembuatan-sirup-dan-sari-buah-manggis-1608

B. Kapasitas Produk
Produksi sirup buah salak yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah produk dengan kuantitas skala kecil terlebih dahulu, sambil mencoba membaca keinginan pasar dan mengembangkan kualitas produk sesuai dengan permintaan pasar. Maka dari itu, pada awal produksi, 100 kg buah salak akan diproduksi menjadi sirup buah salak sebanyak 50 botol, dan tiap botol mengandung komposisi 500 ml. hal ini terus berlangsung sampai bulan ke-6, dimana waktu tersebut adalah jangka waktu yang tepat untuk menarik pelanggan.

C. Perencanaan Tempat Produksi
Tempat sangat mempengaruhi produksi suatu produk, karena tempat dapat mempengaruhi harga, kualitas produk, dan pasar. Maka dari itu, penelitian ini akan dilakukan di daerah kecamatan Tembalang, Semarang, tepatnya di lingkungan kampus Undip. Tempat ini dipilih karena sangat dekat dengan lokasi penjualan sirup itu sendiri, sehingga dapat menghemat biaya transportasi.

D. Perencanaan Tempat Penjualan
Tempat penjualan sirup buah salak dipilih di daerah Tembalang, Semarang, tepatnya di CV. GST kompleks Student Business Centre (SBC) yang akan bekerjasama dalam penjualan sirup buah salak ini. Alasan tempat tersebut dipilih, karena tempat itu strategis sekaligus dekat dengan pemukiman penduduk asli dan mahasiswa. Sehingga tempat tersebut sangat sesuai untuk mempromosikan dan menjual sirup buah salak yang sangat berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit.

E. Langkah-Langkah Untuk Penjualan
Langkah-langkah untuk penjualan dan pemasaran sirup buah salak dilakukan dengan metode pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Sebelum penjualan dilakukan, diperlukan riset pasar terlebih dahulu. Riset yang dilakukan adalah dengan market push, dikarenakan adanya barang baru dengan teknologi tepat guna yang memiliki teknologi yang tinggi, sehingga sirup buah salak mendapat sambutan yang baik sebagai barang hasil teknologi tepat guna yang lebih murah bila dibandingkan sirup-sirup berteknologi tinggi tinggi lainnya. Riset pasar itu dapat dilakukan dengan pembagian produk tersebut secara cuma-cuma, dan barulah pembagian angket dilakukan setelah konsumen mencicipi sirup tersebut, ataupun dengan memperkenalkan sirup sirup ini di pameran-pameran kewirausahaan dan acara-acara kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan akan khasiat sirup kesehatan buah salak tersebut. Selain itu, lebih jauh dilakukan dengan mengadakan kerjasama dengan CV. GST dalam memasarkan sirup tersebut kepada para pelanggan CV. GST. Barulah setelah riset pasar selesai, produk tersebut diproduksi sesuai keinginan pasar.
Ada 4 (empat) metode Pembauran Pemasaran (marketing mix) untuk lebih mensukseskan penjualan, diantaranya adalah : Product, Price, Place, dan Promotion. Keempat hal tersebut sangat mempengaruhi kesuksesan suatu pemasaran produk. Apabila keempat hal tersebut diseleksi dengan ketat, niscaya pemasaran produk akan berjalan dengan baik. Selain itu, harus ada strategi Diferensiasi dan fokus dengan metode STP, yaitu : Segmentation, Targeting, dan Positioning yang lebih efektif dalam menarik konsumen, sehingga pemasaran dapat menjadi bisnis yang menjanjika

BAB III
PEMBAHASAN
A. Metode Pelaksanaan Program

Untuk mencapai tujuan dari kegiatan yang telah ditetapkan diatas, maka kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahapan kegiatan sebagai berikut:
B. Kegiatan Tahap I : Rancang Bangun Alat
Kegiatan tahap I bertujuan untuk membuat alat proses yang nantinya dapat dijadikan stimulans bagi petani buah salak untuk mengembangkan sistem peralatan proses pengolahan buah salak menjadi sirup. Alat ini dirancang untuk dapat dioperasikan pada skala rumah tangga.
C. Kegiatan Tahap II : Uji Coba, Pembuatan Sari Buah
Secara umum teknik pembuatan sari buah ada enam langkah: penyiapan bahan baku buah, penghancuran dan ekstraksi dengan air, penyaringan dan pengepresan, pemasakan, dan pengemasan. Penyiapan bahan baku buah bertujuan untuk mengolah buah agar siap untuk dihancurkan seperti pencucian, pengulitan, maupun pemotongan buah. Penghancuran dan ekstraksi merupakan proses utama. Pada tahap ini buah yang hancur dilarutkan dalam air agar sari-sarinya larut ke air. Hasil proses ini berupa campuran kemudian disaring dan dipres untuk memisahkan sari buah dan ampasnya, sehingga hanya serat-serat halus saja yang terikut, sedangkan untuk serat-serat kasar dilakukan pengepresan secara lanjut dengan mesin press. Sari buah kemudian dipasteurisasi untuk membunuh bakteri penyakit pada suhu 70-80oC. Pada proses ini sari buah juga ditambah gula dan asam sitrat untuk penambah rasa dan Na benzoat sebagai pengawet. Sari buah yang sudah masak ini kemudian dipekatkan dengan evaporator lalu dikentalkan dengan menambahkan CMC. Setelah dikentalkan, saatnya untuk diukur nilai kandungan gizi. Barulah setelah itu dipasteurisasi pada kondisi suhu 70-80°C, lantas dikemas dalam botol yang sudah steril dan siap dipasarkan. Diagram alir pembuatan sari buah secara lengkap seperti disajikan pada diagram alir di bawah ini :

Gambar 1. Blok diagram proses produksi buah salak

D. Kegiatan Tahap III : Penentuan Harga dan Pemasaran
Pada tahapan akhir ini, merupakan kegiatan kajian teknoekonomi terhadap proses pembuatan sari buah salak. Proses penghitungan menurut kaidah-kaidah kajian ekonomi dan kekuatan pasar yang ada saat ini. Proses penghitungan meliputi fixed capital investement, working capital, depresiasi, bunga bank. Sedangkan analisa meliputi Break Event Point (BEP), Return Of Investment (ROI), Pay Out Time (POT), serta cash flow. Sehingga dapat dihitung berapa keuntungan yang diinginkan setelah dipotong pajak. Proses pengambilan keputusan besarnya keuntungan ini juga melihat kekuatan pasar yang ada.
Proses pemasaran terlebih dahulu dilakukan proses pengenalan produk ke masyarakat sekitar. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui program tersendiri atau diselipkan di sela-sela kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, seperti Expo karier, Teknik Expo, Pameran UKM, Festival makanan dan minuman, seminar tentang kesehatan, dll.

E. Jadwal Kegiatan

No Rencana Kegiatan Bulan ke
1 2 3 4 5 6
1. Persiapan bahan dan persiapan alat
2. Pencucian, pengupasan kulit, dan pemotongan
3. Penghancuran, ekstraksi, penyaringan, dan pengepresan
4. Penambahan sukrosa, Na Benzoat, dan asam sitrat
5. Pemekatan sari buah salak
6. Penambahan CMC untuk pengentalan
7. Pengukuran nilai kandungan gizi atau nutrisi
8. Pasteurisasi atau sterilisasi
9. Pengemasan dan pemasaran
10. Analisa hasil pengembangan produk
11. Pembuatan laporan
12. Seminar hasil
F. Biaya
NO URAIAN BIAYA (Rp)
1. Bahan Habis Pakai :
• Buah Salak 100 kg @Rp. 20.000,00
• Aquadest 200 liter @ Rp. 500,00
• Sukrosa 10 kg @Rp.7.000,00
• Asam sitrat 0,5 kg @ Rp.1.000.000,00
• Sodium Benzoat 1 kg @Rp 130.000,00
• LPG 2 tabung gas @ Rp. 150.000,00
1.000.000,00
100.000,00
70.000,00
500.000,00
130.000,00
300.000,00
Jumlah 3.100.000,00

2.
Peralatan penunjang :
• Botol penampung produk kapasitas 500 ml sebanyak 50 buah @Rp 3.000,00
• Alat sterilisasi
• Blender
• Juicer
• Tutup botol 50 buah@Rp. 500,00
• Labeling

150.000,00

194.000,00
150.000,00
200.000,00
25.000,00
10.000,00
Jumlah 731.000,00
3. Biaya Perjalanan :
Survey ke pertanian buah Salak
Pengambilan buah Salak
Transportasi lokal
Transportasi Seminar nasional 3 orang @ Rp. 250.000,00
50.000,00
300.000,00
100.000,00
750.000,00
Jumlah 1.200.000,00
4. Lain-lain :
Penggandaan Laporan (5 eksemplar x @ Rp. 25.000,00)
Kertas A4 (2 rim) @ Rp. 26.000,00)
Catridge Printer 1 buah
Dokumentasi
Poster
CD dan disket
Biaya seminar nasional 3 orang @ Rp. 100.000,00
125.000,00

50.000,00
120.000,00
50.000,00
300.000,00
24.000,00
300.000,00
Jumlah 969.000,00
Jumlah (1+2+3+4) 6.000.000,00

BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
Kegiatan PKM Kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan konstribusi pengetahuan bagi masyarakat dalam membuka usaha pengolahan buah salak, yang berupa teknologi tepat guna, kasiat dari produk dan studi kelayakan secara ekonomi dan usaha. Kegunaan yang lainnya adalah untuk mengembangkan potensi negara Indonesia yang kaya akan potensi agrarisnya menjadi agroindustri dan membantu pembanguan bidang pertanian. Teknologi yang didapatkan ini nantinya bisa diterapkan di industri besar maupun kecil yang berkecimpung dalam bidang farmasi dan produk minuman.
A. Saran dan usul
Saran kami kepada :
1. Pemerintah
Pemerintah harus bisa lebih memberikan dukungan dan dana kepada peneliti dan pengembangan tanaman dan minuman kesehatan dari buah-buahan dan lain-lain
2. Masyarakat
Masyarakat bisa mengembangkan tanaman perkebunan salak dan tanaman buah-buahan lainnya yang berkhasiat obat-obatan, sehingga produksi dan pengolahan akan lebih baik lagi.
3. Peneliti
Kepada para ilmuan untuk bisa lebih baik lagi dalam pengembangan makanan dan minuman yang berkhasiat obat.

DAFTAR PUSTAKA
(www.indosiar.com, 2004 dan http://www.wikipedia.com, 2007)

(http://khasiatbuah.com/buah-salak.htm).

http://udechi.blogspot.com/2011/03/khasiat-buah-salak.html

http://epetani.deptan.go.id/blog/pembuatan-sirup-dan-sari-buah-manggis-1608

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: